Rabu, 26 Maret 2014

IDENTITAS NASIONAL



NAMA            : MIRA FITRIANI
KELAS           : 2EA25
NPM                : 14212594
SOAL :
1.            Masalah identitas Nasional muncul akhir-akhir ini lebih dikarenakan kekhawatiran sebagian pihak atas semakin mengikisnya kebanggaan terhadap budaya nasional, atribut nasional yang mencirikan identitas nasional. Menurut saudara mengapa kekhawatiran itu timbul? Dan bagaimana mengatasinya?

2.            Identitas nasional tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui evolusi dan proses panjang. Bagaimanakah proses pembentukan identitas nasional tersebut?

3.            Wujud dari identitas nasional antara lain adalah Patriotisme dan Nasionalisme. Jelaskan perbedaan keduanya dan bagaimana keduanya dapat membentuk identitas nasional?

4.            Wujud negatif dari identitas nasional adalah Chauvinisme. Jelaskan mengapa sikap ini negatif pengaruhnya terhadap identitas nasional?

5.            Terkadang identitas nasional berseberangan dengan identitas pribadi. Bagaimana sebaiknya menurut saudara mengharmonisasikan kedua hal tersebut sehingga bisa berjalan berdampingan?

6.            Globalisasi yang melanda dunia saat ini bisa berdampak positif dan negatif bagi identitas nasional. Agar dapat memanfaatkan gerakan dimaksud untuk sebesar-besar kesejahteraan masyarakat Indonesia tanpa harus mengancam identitas nasional bangsa Indonesia, menurut Saudara apa tindakan yang harus diambil?

JAWAB :




1.            kekhawatiran itu timbul  karena ada nya era globalisasi yang semakin berkembang  sehingga tidak adanya batasan dalam kehidupan kita contohnya  perkembangan tekhnologi yang sangat pesat membuat orang dapat mengakses secara bebas semua informasi-informasi yang ada sehingga banyak peradapan-peradapan luar yang mempengaruhi bangsa indonesia.
Cara untuk mengatasinya yaitu  kita harus memahami atau mendalami apa tujuan, maksud dan fungsi dari identitas nasional bangsa kita. Sehingga kita tau apa yang harus kita lakukan dan bagaimana cara kita menanggulangi masalah kelunturan identitas nasional suatu bangsa.

2.            Identitas nasional tumbuh dan berkembang berdasarkan nilai-nilai masyarakat yang memunculkan perasaan solidaritas sosial. Suatu identitas nasional menunjukkan bahwa individu-individu setuju atas pendefinisian diri mereka yang saling diakui, yakni kesadaran mengenai perbedaan mereka dengan orang lain dan suatu perasaan akan harga diri bersama mereka (Charles F Andrain, 1992). Kesadaran akan penghargaan diri diwujudkan dalam bentuk nilai, norma, dan simbol-simbol ekspresif yang dianut bersama. Nilai merupakan konsep yang sangat umum mengenai hal yang bernilai, berharga, diinginkan, suatu kriteria untuk menentukan tindakantindakan mana yang harus diamabil
3.            Nasionalisme adalah suatu paham atau ajaran yang mencintai bangsa dan negaranya sendiri. macam-macam nasionalisme:
                   a.            Nasionalisme sempit, adalah cinta terhadap bangsa yang berlebihan dan memandang rendah terhadap bangsa lain (chauvinisme)
                  b.            Nasionalisme luas, adalah cinta dan bangga terhadap tanah air dan bangsanya yang tinggi, tetapi terhadap bangsa lain tidak memandang rendah.
Patriotisme adalah semangat cinta tanah air yang diwujudkan dengan kesediaan mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya.
Ciri-ciri:
                   a.            Cinta tanah air
                  b.            Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
                   c.            Menempatkan persatuan, kesatuan serta keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
                  d.            Berjiwa pembaharu
                   e.            Tak kenal menyerah.
4.            Karena Chauvinisme tidak hanya menunjukkan loyalitas atau ikatan dengan kelompok, tetapi biasanya juga mencakup kebencian atau permusuhan terhadap kelompok lain yang menentang.

5.            setiap tindakan yang kita lakukan, utamakan indentitas nasional  atau kepentingan bersama  yang kita dahulukan agar terciptanya kebersamaan satu sama lain untuk kepntingan dan kemajuan   bangsa Indonesia karena jika identitas sudah di terapkan oleh semua orang Indonesia tidak ada lagi ke egoisan yang terjadi.

6.            Tindakan yang harus di ambil yaitu dengan memberI pengetahuan dan menerapkannya sejak dini tentang identitas nasional kepada para penerus bangsa sejak dini, dan memberikan pengetahuan tentang dampak positif negative dan positife dari globalisasi dan cara mengatasi nya.

SUMBER :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar